cara vlookup beda sheet

cara vlookup beda sheet

Vlookup (Vertical Lookup) adalah salah satu fungsi dasar yang ada di Microsoft Excel. Fungsi ini membantu kamu mencari data dari tabel yang berbeda. Misalnya, kamu ingin mencari harga produk dari jenis produk yang berbeda. Fungsi Vlookup akan membantu kamu menemukannya dengan mudah.

Untuk menggunakan Vlookup beda sheet, kamu harus memiliki dua tabel atau lembar kerja yang berbeda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan Vlookup antar sheet:

Langkah 1: Buka Lembar Kerja yang Akan Digunakan

Langkah 1: Buka Lembar Kerja yang Akan Digunakan

Pertama, kamu harus membuka lembar kerja yang akan digunakan untuk proses Vlookup. Untuk membuka lembar kerja yang akan digunakan, kamu bisa melakukan hal berikut:

  1. Klik File > Open di menu Excel.
  2. Pilih lembar kerja yang akan digunakan.
  3. Klik Open.

Kamu juga bisa membuka lembar kerja yang akan digunakan dengan menggunakan keyboard shortcut. Klik tombol Windows + R di keyboard, kemudian ketikkan nama lembar kerja dan tekan Enter.

Langkah 2: Masukkan Fungsi Vlookup

Langkah 2: Masukkan Fungsi Vlookup

Setelah lembar kerja yang akan digunakan telah terbuka, kamu bisa mulai menggunakan fungsi Vlookup. Untuk menggunakan fungsi Vlookup, kamu harus memasukkan fungsi ke sel, seperti berikut:

  1. Klik sel di mana kamu ingin menampilkan hasil Vlookup.
  2. Ketikkan =VLOOKUP( di sel.
  3. Masukkan argumen yang diperlukan untuk fungsi Vlookup.
  4. Tambahkan nama lembar kerja yang akan digunakan sebagai argumen terakhir.
  5. Penutup fungsi dengan tanda kurung tutup.)
  6. Tekan Enter.

Fungsi Vlookup akan mencari nilai dengan menggunakan lembar kerja yang telah ditentukan sebagai argumen terakhir. Jika data yang dicari ditemukan, maka nilai akan ditampilkan di sel yang telah ditentukan.

Langkah 3: Periksa Hasil

Langkah 3: Periksa Hasil

Setelah fungsi Vlookup berhasil dimasukkan, kamu harus periksa hasilnya untuk memastikan bahwa data yang dicari benar-benar ditemukan. Jika data yang dicari tidak ditemukan, maka kamu harus memeriksa kembali argumen yang dimasukkan ke dalam fungsi Vlookup. Jika semua argument sudah benar, maka kamu harus memeriksa kembali data di lembar kerja yang akan digunakan.

Langkah 4: Simpan Lembar Kerja

Langkah 4: Simpan Lembar Kerja

Setelah kamu yakin bahwa hasil Vlookup berhasil ditemukan, kamu harus simpan lembar kerja agar perubahan yang kamu lakukan tidak hilang. Untuk menyimpan lembar kerja, kamu bisa melakukan hal berikut:

  1. Klik File > Save As di menu Excel.
  2. Masukkan nama lembar kerja yang akan disimpan.
  3. Pilih lokasi di mana lembar kerja akan disimpan.
  4. Klik Save.

Langkah 5: Tutup Lembar Kerja

Langkah 5: Tutup Lembar Kerja

Setelah lembar kerja telah disimpan, kamu bisa tutup lembar kerja agar memori komputer tidak terlalu banyak digunakan. Untuk menutup lembar kerja, kamu bisa melakukan hal berikut:

  1. Klik File > Close di menu Excel.
  2. Konfirmasi penutupan lembar kerja.
  3. Klik OK.

Kesimpulan

Itulah cara menggunakan Vlookup beda sheet di Microsoft Excel. Dengan menggunakan fungsi ini, kamu bisa dengan mudah mencari data dari lembar kerja yang berbeda. Namun, kamu harus berhati-hati saat menggunakan fungsi ini agar hasil yang ditampilkan benar sesuai dengan yang diharapkan.

LihatTutupKomentar