Resep Membuat Bika Ambon bersarang

bika ambon. ©Shutterstock

Jika anda mendengar nama kue bika ambon mungkin anda akan langsung berfikiran kue ini merupakan kue khas yang berasal dari daerah Ambon, tetapi yang sebenarnya justru kue ini berasal dari daerah Medan Sumatra utara loh, nah usut punya usut nama bika ambon ini diambil dari toko yang 

pertama kali menjual kue ini terletak dijalan Ambon, sehingga lebih terkenal dengan nama kue bika Ambon hingga saat ini.

Untuk bahan-bahan pembuata bika ambon cukup sederhana dan sangat mudah kita dapatkan, tetapi dalam pembuatannya 

kita mungkin diperlukan kesabaran dan ketlatenan yang lebih ekstra karena pembuatnya cukup memakan waktu, tetapi pemilihan bahan juga tetap perlu diperhatikan, pastikan bahan dengan kualitas bagus supaya hasil maksimal dan tidak bantat. 

sebenarnya untuk mendapatkan kue ini sangat mudah sekali karena banyak sekali kita jumpai ditoko kue maupun dipasar tradisional, tetapi alangkah lebih baiknya jika anda mencoba membautnya sendiri dirumah bukan? untuk menjawab rasa penasaran anda berikut kami sajikan resep membuat kue bika ambon yang bisa anda coba praktekan sendiri dirumah, simak resepnya berikut ini.

Cara Membuat Bika Ambon

Bahan Untuk Membuat Kue Bika Ambon :

  • 8 butir kuning Telur ukuran sedang
  • 225 gram Gula
  • 300 ml Santan Kental
  • 100 ml air kelapa (1/2 gelas kecil)
  • 150 gram Tepung sagu
  • 50 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili

Langkah Membuat Bika Ambon :

  1. Campur tepung terigu dengan ragi aduk rata, tuangkan air kelapa sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan-pelan, diamkan 15 menit supaya mengembang.
  2. Dalam wadah terpisah campurkan gula, garam, vanili dan kuning telur 1 persatu sambil diaduk terus menggunakan balloon whiks atau spatula sampai bahan tercampur rata.
  3. Selanjutnya masukan adonan pertama kedalam adonan telur aduk rata, masukan tepung sagu sedikit demi sedikit aduk kembali.
  4. Tuang santan kental dalam adonan sambil diaduk hingga tercampur rata. supaya hasilnya lembut untuk memastikan adonan tidak ada yang menggumpal sebaiknya adonan disaring dengan saringan dapur. tutupi adonan dengan kain tipis, diamka adonan selama 3 jam, untuk hasil rongga sarang tawon yang bagus sebaiknya didiamkan selama 10 jam.
  5. Panaskan oven, tuang adonan kedalam loyang yang sbelumnya sudah diolesi dengan margarin, oven dengan api sedang dengan pintu oven dibiarkan sedikit terbuka.
  6. Panggang hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan sajikan.

Selamat mencoba.

LihatTutupKomentar